Rabu, 07 April 2010

Setujutidakbahwakeadaanpers diindonesia inidalamkeadaanbaik?

Kebebasan persdi indonesia lebih baik dibandingkan dengan kebebasan pers dinegara lain.Misalnya diThailand dan dimalasyia dua negara tersebut sedang berupaya menuntut kebebasan pers yang lebih besar,tuntutannya antaralaindiperbolehkan memberitakan hal halsensitif tapipenting d iketahui publik mengenai kerajaan. sedangkan pers divietnam dan Burmasungguh terkekang.
Itu realitas yang yerjadi disemua negara ASEAN,dan harus diterima oleh kalangan jurnalis.namun,kasus indonesia saya pikir tidakdalamkeadaanterburukdibandingkan dengan negara ASEAN yang lain dalamkaitannya dengan kebebasanPers,walausecara teoriti,mulai ada upaya upaya yang diduga dandiindikasikanberpotensi mengancamkebebasab pers itu.
Potensi lain yang mengancam kebebasan pers di indonesia,dicontohkandenganpembahasan RUU Rahasia Negara yang kiniditentang oleh kalangan Pers.
Jadi bisa disimpulkan bahwa kebebasan Pers diindonesia termasukyang terbaikwalaupundlamhalekonomimasih tertinggal.
Tetapi sayangnya,kebebasan Pers ini sering kali disalah gunakan oleh media.Misalnya,Anakmbah Surip mengamuk karena wartawan terus menerus mengganggunya walaupun dalam masa berkabung.Anakmbah suripberkata kepada wartawan. "Saya berharapsuatu saat wartawan itu akan mengalami hal yang sama biar tahu bagaimana rasanya kalaulagi berkabung tapidigangguin terus menerus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar